Tuesday, September 1, 2015

Keutamaan orang yang berilmu


Keutamaan orang yang berilmu


Firman Allah swt dalam Al qur'an :

شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ

"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)". QS. Ali Imran 18.

Dari ayat tersebut pastilah kita tahu bagaimana kedudukan orang yang berilmu. pada ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT memulai dengan menyebut diriNya sendiri kemudian malaikat baru orang yang berilmu. Maka cukup kiranya dengan ini buat kita pertanda kelebihan kejelasan dan ketinggian orang-orang yang berilmu.

Pada ayat lain Allah swt berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍۢ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌۭ
"Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." QS Al mujaadilah 11

Ibnu Abbas r.a mengatakan "Untuk ulama beberapa tingkat diatas orang mu'min, dengan 700 tingkat tingginya, antara dua tingkat itu, jaraknya sampai 500 tahun perjalanan".

Kemudian satu lagi Firman Allah swt dalam Al qur'an surah Az Zumar ayat 9.

قُلْ هَلْ يَسْتَوِى ٱلَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ
Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.


Begitu tingginya derajat orang yang berilmu. sampai-sampai beberapa kali disebutkan dalam Al-qur'an. jadi sudah sepantasnya kalau menuntut ilmu itu diwajibkan bagi tiap muslim. seperti hadist riwayat Ibnu Majah. bukan hanya wajib menuntut ilmu adalah sebuah kebutuhan bagi manusia. 

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Semoga kita bisa terus untuk menutut ilmu agar bisa mencapai surgaNya.
"Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR. Muslim)"

0 komentar:

Post a Comment

luvne resep Desain Java nol