Tuesday, October 6, 2015

Cara berhenti dari melakukan dosa yang berkelanjutan


Cara berhenti dari melakukan dosa yang berkelanjutan


Melakukan dosa yang berkenlanjutan atau israr adalah suatu hal yang menjadi halangan bagi tobat. Memang sangat sulit untuk menghilangkan dosa ini. kerana kalau sudah melakukan sesekali maka akan ketagihan untuk melakukan dosa itu. Namun ulama telah memberikan cara untuk menghentikan perbuatan tersebut. caranya :

1. Takutlah akan siksa Allah dan Berpikir bahwa kalau perbuatan tersebut memberikan kerusakan atau mudarat terhadap tubuh kita.  Karena apa yang dilarang oleh allah pasti memiliki keburukan. misal jika kita terkena penyakit kemudian seorang dokter melarang kita untuk memakan atau meminum yang mengandung gula maka kita akan percaya pada dokter tersebut dan tidak akan melakukannya.  jika pada dokter saja percaya padahal dokter tersebut bisa saja salah, lalu bagaimana dengan Allah SWT yang tidak pernah berbohong dan ingkar janji. maka ingatlah akan janji Allah tersebut bahwasanya kalau melakukan dosa akan dihukum dengan dimasukkan neraka.

2. Berpikir kalau Kematian sangat dekat. Biasanya orang yang melakukan dosa yang berkelanjutan berpikir bahwa dapat melakukan tobat pada suatu waktu yang akan datang dan sulit untuk meninggalkannya. misal dia berkata "aku akan bertobat tahun depan atau bulan depan atau besok". namun siapa yang akan dapat memastikan kalau dia dapat masih hidup pada besok hari. maka dari itu kita harus selalu ingat bahwa hanya Allah yang menentukan umur kita. oleh karena itu kita harus bersiap-siap untuk menghadapi takdir kita. dengan memperbanyak amal ibadah. Kalau kita berpikir kita akan meninggal bahwa kamatian bisa terjadi kapan saja maka kita akan takut untuk melakukan dosa sehingga dapat menghentikan daripada melakukan dosa yang berkelanjutan tersebut.

3. Alasan lainya mengapa melakukan dosa yang berkelanjutan adalah mengetahui bahwa ampunan Allah itu sangat luas. Memang benar bahwa ampunan allah itu sangat luas namun ampunan itu hanya diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba yang tertentu. Jadi jangan berpikir kalau nanti bisa bertobat dan langsung diampuni olleh Allah.

4. Jangan ragu-ragu akan akhirat.
Ragu-ragu akan akhirat akan membuat tidak takut untuk melakukan dosa tersebut. jadi harus benar-benar percaya pada akhirat serta pada surga dan siksa neraka.


1 comment:

  1. Of this article is also very helpful at all ... thanks for sharing ...

    Sorry guys, I also want to share about, Sample Image Car Audio Modification Honda Jazz RS, koranotomotif.com may be useful and inspiring, thank you.

    ReplyDelete

luvne resep Desain Java nol